Sponsor

Sunday, September 3, 2017

Makalah Ms.Word (Tugas TIK PAI 3 C IAID)

FAKULTAS TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM(IAID) CIAMIS
TAHUN AKADEMIK 2015/2016
K A T A   P E N G A N T A R
Assalamu’alaikum. Wr. Wb
Segala puji hanyalah milik Allah ‘Azza Wajalla, Yang Maha Menggenggam setiap keadaan, Yang Maha Memelihara setiap kejadian dan yang telah menganugerahkan berbagai anugerah kepada makhluknya dimuka bumi ini dengan limpahan nikmat yang tak akan terhitung oleh bilangan dan tercatat oleh tulisan, semoga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang senantiasa dapat bersyukur dan menjadi golongan yang mendapat naungan ‘Arasy-Nya.
Shalawat dan salam smoga tercurah limpahkan kepada baginda alam, Nabi Muhammad Saw. Yang menjadi inspirasi bagi perkembangan peradaban di berbagai pelosok negeri dan menjadi washilah terpancarnya cahaya Islam ke seluruh penjuru dunia dan tak luput kepada hati-hati kita semua.
Atas izin Allah penyusun dapat menyelesaikan makalah tentang “Teknologi Informasi Dan Komunikasi” dengan harapan dengan pembuatan makalah ini dapat meningkatkan kekayaan ilmu pengetahuan dan menjadikan motivasi untuk lebih menggali dan mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan dengan sungguh-sungguh.
Penyusun juga mengucapkan beribu terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Rayi Pasya, S.Sos.I, M.Hum selaku Dosen Mata Kuliah TIK yang telah memberikan bimbingan dan pendidikan kepada kami, semoga segala keikhlasannya mendapat balasan yang dilipat gandakan oleh Allah Swt. serta menjadi wasilah menuju surga-Nya.
Penyusun akui masih sangat banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu kepada siapapun yang membacanya diharapkan untuk menyumbangkan saran, opini dan kritik guna kebaikan pada masa yang akan datang.
Hasbunallah wani’mal wakiil ni’mal maula wani’ma nashir …
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb
Daarussalam,  Oktober 2015
Peyusun
D A F T A R    I S I
     Halaman
KATA PENGANTAR                 i        
DAFTAR ISI                 ii        
BAB  I    PENDAHULUAN
Latar Belakang                 1
Rumusan Masalah                 1
Tujuan Penulisan                1
BAB II   PEMBAHASAN
Cara Mengelola File (menggabungkan dua dokumen atau lebih)                2
Cara Memberi Dan Menghapus Nomor Halaman                5
Cara Menempatkan Footnote, End  Note Dan Komentar                6
Cara Menempatkan Obyek Pada Dokumen                13
Cara Mengelola Table                14
BAB III   PENUTUP
Kesimpulan                 15        
Kritik dan Saran                 15
DAFTAR PUSTAKA                16
HASIL DISKUSI                iii
BAB I
P E N D A H U L U A N
Latar Belakang Masalah
Manusia dewasa ini sudah semestinya update tentang teknologi yang berkembang pesat saat ini. Denga kemajuan teknologi ini menuntut sebagai pekerja hususnya juga seorang pendidik dapat melakukan pekerjaannya dengan bantuan computer supaya kerjanya lebih rapih dan mudah.
Microsoft telah meluncurkan sebuah aplikasi untuk mempermudah kerja hususnya untuk yang bekerja di bidang kantoran yaitu Microsoft Office. Di antara fitur yang ada di Ms.Office yaitu terdapat Ms.Office Word. Terkadang masih ada orang yang belum tau bagaimana mengoprasikan Ms.offiece Word dalam kerjanya, dengan demikian dalam makalah ini kita akan membahas beberapa materi yang terkait dengan Ms. Office Word 2007.
        
Rumusan Masalah
Bagaimana cara mengelola file (menggabungkan dua dokumen atau lebih)
Bagaimana cara memberi dan menghapus nomor halaman
Bagaimana cara menempatkan footnote, end note dan komentar
Bagaimana cara menempatkan obyek pada dokumen
Bagaimana cara mengoperasikan find, replace, dan go to
Bagaimana cara mengelola table
Tujuan Masalah
Untuk menjelaskan cara mengelola file (menggabungkan dua dokumen atau lebih)
Untuk menjelaskan cara memberi dan menghapus nomor halaman
Untuk menjelaskan cara menempatkan footnote, end note dan komentar
Untuk menjelaskan cara menempatkan obyek pada dokumen
Untuk menjelaskan caraa mengoperasikan find, replace, dan go to
Untuk menjelaskan cara mengelola tabel
BAB II
P E M B A H A S A N
Jika Anda menulis sebuah naskah buku yang terdiri dari beberapa bab yang tiap bab-nya terpisah dalam file yang berbeda, di akhir pengeditan, Anda  mungkin perlu untuk menggabungkan bab-bab tersebut ke dalam satu file master.
Ketimbang Anda harus membuka lalu meng-copy-paste dokumen-dokumen tersebut, Anda dapat memanfaatkan fitur penggabungan dokumen di Ms-Word, yaitu merge documents.
Langkah-langkah untuk menggabung dokumen adalah sebagai berikut:
Klik Insert pada Ribbon, lanjutkan dengan mengklik Object.
Pilih file-file yang hendak digabung. Tahan tombol Ctrl untuk agar Anda dapat memilih beberapa file sekaligus.  
Klik button Insert.  Anda dapat menggabungkan dokumen sebagai dokumen yang sebenarnya, atau hanya menyisipkan sebagai link (Insert Link).  Keuntungan menyisipkan dokumen dalam link adalah perubahan yang dilakukan pada dokumen yang disisipkan, juga akan secara otomatis berpengaruh pada dokumen master. 
MEMBERI DAN MENGHAPUS NOMOR HALAMAN
A. Memberi nomor halaman
Pengaturan nomor halaman pada microsoft word biasanya terdiri dari dua format, yaitu dengan angka biasa 1,2,3,4,4 ... dan meggunakan angka romawi i, ii, iii ... Nah ketika kita membuat sebuah makalah atau menulis skripsi pada lembaran kata pengantar, daftar isi dan lembar pengesahan biasanya penomoran halamanya menggunakan format angka romawi. Sedangkan pada Bab I atau pembahasan format halamannya menggunakan angka standar.
Buka file dokumen (makalah, laporan atau skripsi) yang akan kita buat format nomor halaman yang berbeda.
Misalnya kita akan membuat format halaman angka romawi pada tiga halaman pertama dan pada halaman selanjuntnya menggunakan format halaman angka standar yang dimulai dengan angka 1 pada halaman keempat.
Pada ribbon Insert --> Page number --> Format page number -->Pilih format angka romawi pada number format.OK.
Untuk membuat format number pada halaman keempat dan seterusnya dengan angka standar yang dimulai dari 1, silahkan letakkan kursor di halaman ke empat dan pilih ribbon page layout --> Breaks --> Next page
Tips Format halaman dengan nomor berbeda di word
Selanjutnya kembali pada langkah kedua untuk memasukan jenis format halaman, insert --> page numbers --> format page number. Jangan lupa seting pada start at menjadi 1 untuk memulai penomoran halaman yang dimulai dari angka satu.
B. Menghapus nomor halaman
Pada Word versi sebelumnya, kita bisa segera mengenali opsi untuk menghilangkannya, yaitu dengan menghilangkan tanda centang pada Show number on first page. Namun, pada Word 2007/2010, kita tidak akan menemukan opsi tersebut. Hal itu merupakan salah satu keanehan yang dilakukan Microsoft pada program Office.
Jika sudah memasukkan nomor halaman, anda bisa langsung ke langkah 2 jika belum, pada tab Insert, di grup Header & Footer, klik Page Number.
pilih posisi nomor halaman.
pada contoh di sini, kita pilih Bottom of Page, Plain Number 2.
Klik ganda nomor halaman pada lembar pertama.
Di grup Options, beri tanda centang Different First Page.
Perhatikan bahwa sekarang nomor halaman tidak lagi ditampilkan pada lembar pertama.
3. MENEMPATKAN FOOTNOTE, END NOTE DAN KOMENTAR
    Cara Membuat Footnote dan Endnote di Word 2007Contoh Footnote dan Endnote
Footnote (catatan kaki) dan Endnote (catatan akhir) digunakan untuk memberi penjelasan, komentar tambahan yang lebih mendetil atau referensi untuk informasi tertentu yang ada dalam dokumen.
Berikut tutorial cara mengolah footnote dan endnote.
Footnote atau endnote terdiri dari:
Tanda (dalam bentuk superscript) yang terletak dalam dokumen. Tanda bisa berupa angka, simbol, atau huruf.
Isi untuk keterangan footnote/endnote yang terletak di akhir halaman atau dokumen/section.Tanda dan Isi Footnote/Endnote
A. Cara Menyisipkan Footnote dan Endnote
Klik pada bagian yang ingin disisipkan tanda footnote/endnote.
Pada References tab, Footnotes group, klik Insert Footnote (untuk membuat catatan kaki) atau Insert Endnote (untuk membuat catatan akhir).
Footnotes Group
Sekarang kursor akan berpindah pada bagian untuk mengetik isi footnote/endnote.
Catatan: Secara default, MS Word akan menempatkan isi Footnote di akhir halaman sedangkan isi Endnote di akhir dokumen.
Untuk merubah format footnote/endnote, klik tanda Dialog Box Launcher pada Footnotes.
Footnote and Endnote Dialog Box
Pada kotak dialog Footnote and Endnote, bagian Format, pilih format angka yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombolSymbol.
Klik Apply untuk mengganti format.
Selanjutnya di samping angka atau simbol, ketik isi footnote/endnote.
Untuk menambah footnote/endnote lain dengan nomor berurutan, klik pada bagian dokumen yang akan diberi tanda footnote/endnote dan tekan:
CTRL+ALT+F untuk footnote.
CTRL+ALT+D untuk endnote.
B. Cara Menghapus Footnote dan Endnote
Pilih tanda footnote/endnote dalam dokumen yang akan dihapus.
Tekan tombol DELETE.
C. Cara Mengatur Format Angka Footnote dan Endnote
Kadang-kadang setelah membuat footnote/endnote, kita mungkin ingin mengubah format angkanya. Gunakan cara berikut ini untuk mengubah format footnote/endnote secara sekaligus dalam dokumen atau section.
Klik pada section yang akan diubah format footnote/endnote. Bila dokumen tidak memiliki section, insertion point bisa ditempatkan di mana saja dalam dokumen.
Pada References tab, klik Footnote & EndnoteDialog Box Launcher (Dialog Box Launcher) untuk membuka kotak dialog.
Klik Footnotes atau Endnotes.
Pada kotak Number format, pilih format yang diinginkan. Bila ingin menggunakan simbol, klik tombol Symbol.
Klik Apply.
D. Cara Mengatur Penomoran Footnote dan Endnote Dimulai dengan Angka 1 Pada Setiap Halaman atau Section
Pada References tab, klik Footnote & EndnoteDialog Box Launcher (Dialog Box Launcher) untuk membuka kotak dialog.
Pada kotak Start at, klik angka 1.
Pada kotak Numbering, pilih:
Restart each section, footnote/endnote dimulai dengan angka 1 pada setiap section.
Restart each page, footnote/endnote dimulai dengan angka 1 pada setiap halaman.
Klik Apply.
E. Cara Membuat Keterangan untuk Footnote dan Endnote yang Panjang
Bila footnote/endnote terlalu panjang, maka akan disambung pada halaman berikutnya. Untuk itu kita bisa membuat keterangan agar pembaca tahu bahwa footnote/endnote ini bersambung ke halaman berikutnya.
Pilih Draft view.
Draft View
Pada References tab, Footnotes group, klik Show Notes.
Jika dokumen memiliki footnote dan endnote, akan muncul sebuah pesan. Pilih View footnote area (untuk melihat catatan kaki) atau View endnote area (untuk melihat catatan akhir), dan kemudian klik OK.
Pada daftar note pane, klik Footnote Continuation Notice (untuk membuat keterangan di catatan kaki) atau Endnote Continuation Notice (untuk membuat keterangan di catatan akhir).
Footnote Continuance Notice
Kemudian ketik teks untuk keterangan, misalnya …bersambung ke halaman berikutnya.
Beri format yang diinginkan, misalnya mengganti tipe font atau membuat cetak miring.
Kembali ke Print Layout dan perhatikan di baris terakhir footnote/endnote sudah muncul keterangan yang diketik tadi.
Untuk mengedit keterangan yang dibuat, ulangi langkah 1-4 dan buat perubahan yang diinginkan.
E. Cara Mengubah Sebuah Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya
Cara Mengubah Sebuah Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya
Klik kanan pada isi footnote/endnote yang akan diubah dan pilih Convert to Footnote atau Convert to Endnote.
Cara Mengubah Beberapa Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya
Catatan: Cara ini untuk merubah beberapa footnote/endnote yang letaknya berurutan.
Pilih Draft view.
Pada References tab, Footnotes group, klik Show Notes.
Jika dokumen memiliki footnote dan endnote, akan muncul sebuah pesan. Pilih View footnote area atau View endnote area, dan kemudian klik OK.
Pada note pane, pilih beberapa footnote/endnote yang akan diubah (klik footnote/endnote pertama dan geser mouse untuk memilih footnote/endnote yang lain).
Klik kanan dan pilih Convert to Footnote atau Convert to Endnote.
3. Cara Mengubah Seluruh Footnote Menjadi Endnote dan Sebaliknya
Pada References tab, klik Footnote & Endnote Dialog Box Launcher untuk membuka kotak dialog.
Klik Convert.
Klik pilihan yang diinginkan dan klik OK.
Klik Close.
4.  MENEMPATKAN OBYEK PADA DOKUMEN
Menyisipkan Gambar
Dalam ms word, gambar juga dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan program ms word. Untuk menyisipkannya, klik menu Insert – > Picture – >  Clip Art.  Pada bagian Search for di Task Pane, ketikkan kata petunjuk yang berkaitan dengan gambar, contohnya animals. Maka akan didapat hasil gambar seperti pada contoh di bawah ini: 
Menyisipkan Objek
Untuk menyisipkan gambar, klik pada gambar yang diinginkan. Lihat contoh penyisipan gambar kedalam dokumen.
kelinci
nah kalo menyisipkan gambar dari file, klik menu Insert -> Picture -> From File sehingga muncul kotak dialog seperti berikut.
keterangan :
Pilih gambar yang diinginkan dari folder.
Menyisipkan Objek Autoshape
AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Objek-objek tersebut dapat disisipkan dengan memilihnya pada Tool Bar Drawing (Gambar 15). Untuk menampilkan toolbar ini, klik menu View -> Toolbars -> Drawing. Klik tombol AutoShapes kemudian pilih kategori objek sesuai keinginan.
autoshap
Menyisipkan Objek
Dari objek-objek yang ada, dapat disisipkan teks didalamnya. Contoh penggunaan salah satu objek dengan teks:
ini-adalah-autoshap
Menyisipkan Objek
Menyisipkan Simbol
Di dalam dokumen juga sering dijumpai pengguna simbol seperti ©, ®, , de-el-el. Cara menyisipkan simbol adalah klik menu Insert -> Symbol sehingga keluar kotak dialog Symbol berikut.
keterangan :
Pilihlah symbol yang hendak digunakan lalu klik Insert.
symbol
Menyisipkan Diagram
Untuk membuat diagram struktur organisasi seperti contoh di bawah, klik Insert -> Picture -> Organization Chart.
struktur-data
Untuk membuat diagram data seperti pada contoh dibawah, klik Insert -> Picture -> Chart kemudian ganti nilai sesuai yang dihendaki.
diagram-data
Untuk mengubah tipe diagram, klik Chart -> Chart Type sehingga muncul kotak dialog Chart Type seperti gambar dibawah. Pada kotak tersebut pilihlah tipe diagram yang dihendaki, kemudian klik tab OK.
tipe-diagram
Menyisipkan Wordart
Teks yang dibuat dengan WordArt akan tampak lebih bervariasi. Salah satu contoh penggunaan WordArt adalah di bawah ini:
aku-bisa
Cara membuatnya adalah klik atau dapat juga klik menu Insert -> Picture -> WordArt sehingga muncul WordArt Gallery. Pilih kreasi teks sesuai keinginan kemudian ketikkan teks.
wordart
Menyisipkan Nomor Halaman 
Penomoran halaman dapat dibuat secara otomatis. Caranya klik menu Insert -gt;Page Numbers sehingga muncul kotak dialog Page Numbers. atur posisi no halaman yang dikehendaki lalu Klik OK.
page-number


Menyisipkan Header dan Footer
Fasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat catatan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk ke bagian ini, klik menu View -gt; Header and Footer sehingga tampilan dokumen akan berpindah pada area header atau footer. Hal ini diindikasikan dengan teks dan objek di dalam dokumen terlihat redup. Ketikkan teks yang hendak dibuat.
header-futher
Borders, Shading, dan Drop Cap
Beberapa tambahan dalam membuat dokumen tampak lebih menarik seperti contoh dibawah ini:
contoh-dropcop
Menyisipkan Objek
Untuk membuat bagian MICROSOFT OFFICE 2003 yang berwarna oranye dengan garis ungu dibawahnya, caranya adalah dengan klik menu Format -gt; Borders and Shading kemudian akan muncul kotak dialog Borders and Shading.
Tab Borders untuk membuat garis pembatas, tab Page Border untuk membuat garis pembatas pada halaman, sedangkan tab Shading untuk mewarnai satu baris seperti warna oranye pada contoh. Untuk mengganti warna huruf, klik tombol.
Huruf pertama yang ukurannya lebih besar tersebut (M), dapat dibuat dengan klik menu Format -> Drop Cap.
Membuat kolom
Untuk membuat kolom seperti yang terlihat pada contoh di bawah ini adalah dengan klik menu Format -> Columns. pilih kolom yang di inginkan. misalnya dua kolom, tiga kolom, dll.
contoh-membuat-kolom
5. MENGOPERASIKAN FIND, REPLACE, DAN GO TO
Find,Replace dan Goto adalah sebuah aplikasi yang disediakan  miccrosoft word yang berfungsi untuk mempermudah kita untuk melakukan pencarian,penggantian sebuah kata/nomor, Pada lembar kerja kita .
Fungsi Find (Pencarian):
Langsung aja masuk menu Bar Homekemudian pilih Find ada di pojok kanan atas, atau singkat nya klik Ctrl+f. Akan muncul sepert berikut :

Pada tampilan tesebut Masukan kata yang akan anda cari pada kotak find What
Jika sudah di ketik apa kata yang akan anda cari, laalu klik Find next untuk pencarian berurutan, Find in Untuk menandai semua kata yang anda Masukan, Reading Highlightuntuk mewarnai kata yang anda cari.
Fungsi Replace (Penggntian sebuah kata):
Langsung aja tekan Ctrl+H untuk menampilkan  Replace. Seperti Berikut :
Untuk Melakuan penggantian sebuah kata, Tulis pada Kotak Find What untuk kata apa yang akan di ganti, dan Masukan pada kotakReplace With Untuk Pengganti kata dariFind What.
Misal saya akan mengganti kata Andamenjadi Kamu , Maka tulis seperti berikut :

Fungsi Find, Replace dan Goto Pada MS Word
Jika sudah di Masukan apa kata yang akan anda Ganti, laalu klik Find next untuk Pencarian berurutan, Replace Untuk Mengganti kata secara Berurutan, Replace alluntuk Mengganti Semua kata yang anda perintahkan tsb.
Fungsi Go To (Multy Search):
Langsung aja tekan Ctrl+G Untuk menampilkan GoTo Seperti berikut :
Fungsi Find, Replace dan Goto Pada MS Word
Pilihlah Jenis apa yang akan anda cari pada naskah anda  apakah Halaman,Section, Baris atau yang lainnya
Misal saya akan mencari halaman 34 Pada naskah Lembar kerja saya, maka Pilih Page dan Masukan Angka 34 pada Enter Page Number. Seperti Berikut :

Fungsi Find, Replace dan Goto Pada MS Word
6.  MENGELOLA TABEL
Ada dua cara mudah untuk membuat tabel pada word 2007.
Membuat Tabel pada Microsoft Word 2007 Cara pertama.
Cara pertama inilah cara yang paling mudah dan sederhana, namun jumlah baris dan kolom tabel di batasi hanya sampai 10 kolom dan 8 baris. Jadi cara ini tidak berlaku jika ingin membuat baris dan kolom yang banyak.
Caranya klik menu Insert, kemudian klik tombol Table, nanti akan muncul kotak-kotak di bawahnya. Silahkan tentukan banyak kotak yang kamu inginkan, dengan cara menggeser ke  kotak tersebut, setelah digeser tinggal klik saja. Tabel pun akan tampil pada lembar kerja.menyisipkan tabel
Membuat Tabel pada Microsoft Word 2007 Cara kedua
Cara kedua ini berlaku jika ingin membuat tabel juga jumlah baris dan kolom yang banyak. Caranya hampri sama dengan langkah pertama, namun kotak-kotak tabelnya tidak perlu diklik, diganti dengan klik tombol Insert Table..menyisipkan tabel cara kedua
Nanti akan muncul jendela insert table seperti gambar di bawah ini.  Number of columns untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan number of row untuk menentukan jumlah baris.menentukan jumlah baris dan kolom

Cara mengecilkan dan membesarkan lebar kolom tabel
Untuk mengecilkan dan membesarkan lebar kolom pada table sangat mudah, yaitu dengan mengarahkan mouse pinter pada garis vertikal yang akan digeser, saat mouse pinter berubah menjadi tadi panah kanan kiri (<-||-> ) klik dan tahan mouse, kemudian geser ke arah kanan atau ke kiri sesuai dengan yang dibutuhkanmelebarkan dan mengecilkan kolom

Itulah sedikit penjelasan sederhana mengenai cara membuat tabel pada microsoft word 2007 dan cara mengeditnya.


0 Komentar:

Post a Comment

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online