Motivasi yaitu merupakan suatu dorongan yang muncul dari diri sendiri, yang mana motivasi tersebut mampu membangkitkan semangat dalam diri individu untuk mecapai cita – cita yang hendak ia raih. Berapapun beratnya usaha yang dilakukan jika ia memiliki motivasi yang tinggi baik itu motivasi dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar ia akan terus berusaha sampai harapannya tercapai.
Dalam belajar motivasi memiliki peran yang sangat penting terhadap pencapaian hasil belajar. Tanpa motivasi siswa tidak dapat belajar dengan baik. Banyak factor yang dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar. Misalnya, keinginan dalam diri untuk berprestasi, memiliki rasa percaya diri, tertanamnya sikap sabar dan ketekunan, adanya dorongan yang muncul dalam diri tentang manfat belajar yang diperolehnya.
Adapun cara guru dalam memotivasi siswa dalam mengajar yaitu :
1. Mengembangkan motivasi dan sikap semangat mengajar
Seorang guru hendaknya termotivasi dalam dirinya bahwa dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru mampu mengemban tugasnya dengan baik dan ikhkas semata – mata bahwa tugas yang dilakukannya hanya mengharap ridlo Alloh SWT bukan karena materi.
Motivasi guru dalam megajar akan tetap tinggi apabila terdapat bebebrapa factor yaitu , untuk mempertahankan dan menunjukan harga diri, ikhlas lahir dan batin menjalankan tugasnya dalam menyebarkan ilmu, menjadi tauladan yang baik bagi anak didiknya, menjadi sorotan dalam lingkungan masyarakat.
Sikap semangat ketika mengajar seperti selalu tampil ceria, enerjik, percaya diri dan menarik, itu akan menular dan berpengruh kepada siswa sehingga menumbuhkan motivasi semangat belajar dalam dirinya.
2. Membangkitkan minat belajar
Tinggkat keberhasilan dalam belajar sangat ditentukan oleh minat belajar siswa terhadap mata pelajaran. Dalam memahami atau mempelajari suatu materi siswa dapat mencapai prestasi secara optimal apabila ia mempunyai minat yang tinggi. Minat siswa dalam mempelajari materi pembelajaran secara umum, tidak akan sama antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu tugas guru adalah membangkitkan minat siswa terhadap mata pelajaran. Usaha untuk membangkitkan minat siswa diantaranya dapat dilakukan dengan cara menerapkan materi pembelajaran dengan situasi kehidupan yang bersifat praktis
3. Membimbing siswa mengatur waktu dan disiplin
Mengatur waktu dan disiplin banyak manfaatnya, tetapi banyak yang menyepelekan hal tersebut. Karena kurang menyadari betapa pentingnya mengatur waktu dan displin banyak dikalangan siswa cenderung bersantai – santai, sehingga tidak dapat memanfaatkan waktunya untuk belajar atau menggunakan waktunya dengan baik.
Belajar secara teratur dengan mengikuti pengaturan waktu yang telah diterapkan secara disiplin, sebetulnya dapat mendatangkan keuntungan bagi diri siswa sendiri, baik dalam segi akademis, fisik maupun mental.
Keteraturan dan displin dalam berbagai hal menjadi cerminan karakter seseorang, bukan karena factor bawaan melainkan penagruh dari latihan.
4. Berinteraksi dan Berkomunikasi aktif dengan siswa
Motivasi siswa tetap tinggi jika dalam proses pembelajaran itu sendiri terjadi interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Guru aktif memberikan setimulus terhadap siswa dan siswa dapat merespon rangsangan belajar dari guru. Misalnya, guru memberikan suatu permasalahan baik guru maupun siswa membahas bersama – sama memecahkan masalah tersebut,sehingga menemukan pemahaman baru yang didasari atas konsep yang dirumuskan sendiri melalui pemebelajaran
5. Menciptakan suasana kelas yang mendukung belajar
Suasana kelas yang mendukung untuk menumbuhkan motivasi siswa belajar sesuai dengan minat diantaranya , belajar dengan tenang, aman , nyaman ruang bersih, rapi, indah dsb. Selain dari pada itu adanya keakraban antara guru dengan siswa dan siawa dengan siswa yang lain. Guru dan siswa saling menghormati dan menghargai. Dengan demikian motivasi siswa akan tumbuh karena merasa diperhatikan, dan perhatian tersebut bukan hanya dalam proses pembalajaran melainkan diluar proses pembelajaran.
0 Komentar:
Post a Comment