Ini adalah Kumpulan Hadits-Hadits Tentang Pendidikan. Hadits-Hadits ini
saya koleksi dari berbagai sumber sehingga terkumpulah 31 Hadits Tentang
Pendidikan.
HADITS-HADITS TENTANG PENDIDIKAN
PENDIDIKAN ANAK
حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ
الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ
فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ كَمَا تَنَاتَجُ الْإِبِلُ مِنْ
بَهِيمَةٍ جَمْعَاءَ هَلْ تُحِسُّ مِنْ جَدْعَاءَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ
أَفَرَأَيْتَ مَنْ يَمُوتُ وَهُوَ صَغِيرٌ قَالَ اللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا كَانُوا
عَامِلِينَ (رواه أبو داود)[1]
Artinya :
Menceritakan kepada kami Al-Qa’nabi dari Malik dari Abi
Zinad dari Al–A’raj dari Abu Hurairah berkata Rasulullah saw bersabda :
“Setiap bayi itu dilahirkan atas fitroh maka kedua orang tuanyalah yang
menjadikannya Yahudi, Nasroni sebagaimana unta yang melahirkan dari unta yang
sempurna, apakah kamu melihat dari yang cacat?”. Para Sahabat bertanya: “Wahai
Rasulullah bagaimana pendapat tuan mengenai orang yang mati masih kecil?” Nabi
menjawab: “Allah lah yang lebih tahu tentang apa yang ia kerjakan”. (H.R.
Abu Dawud)
KANDUNGAN HADITS
Setiap anak dilahirkan atas fitrohnya yaitu suci tanpa dosa,
dan apabila anak tersebut menjadi yahudi atau nasrani, dapat dipastikan
itu adalah dari orang tuanya. Orang tua harus mengenalkan anaknya tentang
sesuatu hal yang baik yang harus dikerjakan dan mana yang buruk yang harus
ditinggalkan. Sehingga anak itu bisa tumbuh berkembang dalam pedndidikan yang
baik dan benar.
Dalam proses pendidikkan anak ini, adakalanya orang tua
bersikap keras dalam mendidik anak. Contohnya, pada umur tujuh tahun orang tua
mengingatkan anaknya untuk melakukan sholat dan pada saat umur sepuluh tahun,
orang tua boleh memukulnya ketika sianak tersebut tidak mengerjakan sholat.
Ketika anak tersebut oleh orang tuanya dijadikan seorang
muslim maka anak tersebut harus menjalankan kewajiban-kewajibannya sebagai
seorang muslim. Salah satunya adalah berbakti kepada kedua orang tuanya seperti
firman Allah SWT.
“dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua
orang ibu- bapaknya”. (Q.S Al-ankabuut).
Alangkah tepat andai firman Allah tersebut kita baca
berulang-ulang dan kita renungkan dalam-dalam. Sehingga Allah berkenan
mengaruniakan cahaya hidayahnya kepada kita, mengaruniakan kesanggupan untuk
mengoreksi diri dan mengaruniakan kesadaran untuk bertanya: “Telah seberapa
besarkah kita memuliakan ibu bapak?”. Boleh jadi kita sekarang mulai
mengabaikan orang tua kita. Bisa saja saat ini mereka tengah memeras keringat
banting tulang mencari uang agar studi kita sukses. Sementara kita sendiri
mulai malas belajar dan tidak pernah menyesal ketika mendapatkan nilai yang
pas-pasan. Bahkan, dalam shalat lima waktunya atau tahajudnya mereka tak pernah
lupa menyisipkan doa bagi kebaikan kita anak-anaknya.
Tetapi, berapa kalikah dalam sehari semalam kita
mendoakannya? Shalat saja kita sering telat dan tidak khusyuk Rasulullah SAW
menempatkan ibu “tiga tingkat” di atas bapak dalam hal bakti kita pada
keduanya. Betapa tidak, sekiranya saja kita menghitung penderitaan dan
pengorbanan mereka untuk kita, sungguh tidak akan terhitung dan tertanggungkan.
Orang bijak mengatakan, “Walau kulit kita dikupas hingga telepas dari
tubuh tidak akan pernah bisa menandingi pengorbanan mereka kepada kita.”
Jadi orang tua itu berperan penuh dalam proses mendidik
anaknya, apabila anak itu sampai tidak mengenal agama (mengenal Allah) maka itu
merupakan kelalaian orang tua.
2. ETIKA MENJAWAB
PERTANYAAN KETIKA DALAM PEMBICARAAN PENTING
– حدثنا محمد بن سنان قال: حدثنا فليح (ح). وحدثني إبراهيم بن المنذر
قال: حدثنا محمد بن فليح قال: حدثني أبي قال: حدثني هلال بن علي، عن عطاء بن يسار،
عن أبي هريرة قال:
بينما النبي صلى الله عليه وسلم في مجلس يحدث القوم، جاءه أعرابي
فقال: متى الساعة؟. فمضى رسول الله صلى الله عليه وسلم يحدث، فقال بعض القوم: سمع
ما قال فكره ما قال. وقال بعضهم: بل لم يسمع. حتى إذ قضى حديثه قال: (أين – أراه –
السائل عن الساعة). قال: ها أنا يا رسول الله، قال: (فإذا ضعيت الأمانة فانتظر
الساعة). قال: كيف إضاعتها؟ قال: (إذا وسد الأمر إلى غير أهله فانتظر الساعة).
Artinya: Muhammad bin Sinan menceritakan kepadaku, beliau
berkata, Falih menceritakan kepadaku dan Ibrahim bin Mundzir menceritakan
kepadaku, beliau berkata, Muhammad bin Falih menceritakan kepadaku, beliau
berkata, Bapakku menceritakan kepadaku, beliau berkata, Hilal bin Ali
menceritakan kepadaku dari atho’ bin Yasar dari Abi Hurairah beliau
berkata,”pada suatu hari Nabi SAW dalam suatu majlis sedang berbicara dengan
sebuah kaum, datanglah kepada beliau orang badui dan bertanya,” kapan kiamat
datang?” maka Rasulullah meneruskan pembicaraannya. Maka sebagian kaum
berkata,” beliau dengar apa yang diucapkan dan beliau tidak suka apa yang
dikatakannya.” Sebagian lagi berkata,” beliau tidak mendengarnya.” Setelah
beliau selesai dari pembicaraannya beliau berkata,” dimana orang yang bertanya
tentang kiamat?.” Saya ya Rasulullah.” Beliau bersabda,”Ketika amanat
disia-siakan maka tunggu saja kedatangan kiamat.” Orang itu bertanya lagi,”
Bagaimana menyia-nyiakan amanat?.” Beliau bersabda: Ketika sesuatu perkara
diserahkan kepada selain ahlinya maka tunggulah datangnya kiamat (
kehancurannya ).”
(HR. Bukhori bab Barangsiapa ditanyai suatu ilmu
sementara dia sedang sibuk berbicara maka selesaikan pembicaraannya lalu jawab
pertanyaannya).
Hadis di atas memberikan pelajaran pada kita dua hal:
(1). Kita hendaknya jangan memotong pembicaraan orang
lain ketika hendak bertanya tentang suatu ilmu, karena memotong pembicaraan
orang lain untuk tujuan apapun tidak dibenarkan sama sekali. Termasuk di
dalamnya adalah menginterupsi guru atau dosen yang sedang mengajar dengan
sebuah pertanyaan sebelum sang guru/dosen tersebut memberikan waktu khusus
untuk bertanya kepadanya. Memotong pembicaraan guru atau dosen termasuk su’ul
adab kepada sang guru, dan itu bisa mengurangi keberkahan ilmu yang ia
dapatkan,
(2). Apabila si penanya telah menyampaikan
pertanyaannya sementara kita masih serius dalam pembicaraan maka kita lanjutkan
pembicaraan sampai selesai, baru kemudian menjawab pertanyaan yang disampaikan,
hal itu dimaksudkan agar tujuan dari pembicaraan tidak terputus.
Disamping itu hadis di atas juga memberikan informasi pada
kita tentang profesionalisme kerja, segala sesuatu harus diserahkan kepada yang
membidanginya atau orang yang berkompeten terhadapnya. Sebab menyerahkan
sesuatu kepada selain ahlinya hanya akan menyebabkan kehancuran semata. Begitu
juga dalam pendidikan, kompetensi guru mutlak diperlukan dalam rangka menunjang
mutu pendidikan, sebab tanpa ditangani guru yang kompeten maka tujuan
pendidikan tidak akan pernah dapat dicapai.
3. KEUTAMAAN MAJELIS ILMU
– حدثنا إسماعيل قال: حدثني مالك، عن إسحاق بن عبد الله بن أبي طلحة: أن
أبا مرة مولى عقيل بن أبي طالب أخبره: عن أبي واقد الليثي:
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم بينما هو جالس في المسجد والناس معه،
إذ أقبل ثلاثة نفر، فأقبل إثنان إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وذهب واحد، قال:
فوقفا على رسول الله صلى الله عليه وسلم، فأما أحدهما: فرأى فرجة في الحلقة فجلس
فيها، وأما الآخر: فجلس خلفهم، وأما الثالث فأدبر ذاهبا، فلما فرغ رسول الله صلى
الله عليه وسلم قال: (ألا أخبركم عن النفر الثلاثة؟ أما أحدهم فأوى إلى الله فآواه
الله، وأما الآخر فاستحيا فاستحيا الله منه، وأما الآخر فأعرض فأعرض الله عنه).
[462].
Ismail menceritakan kepadaku, beliau berkata, Malik
menceritakan kepadaku, dari Ishak bin Abdullah bin Abi Tholhah sesungguhnya Abu
Marrah budak dari Aqil bin Abi Thalib memberikan informasi kepadaku Dari Abi
Waqid Al Laitsi r.a., dia berkata : “ Pada suatu waktu Rasulullah saw sedang
duduk di masjid kemudianh datanglah tiga rombongan manusia, yang dua kelompok
menghadap rasulullah saw, sedang yang satunya melihat tempat senggang dalam
majelis itu, maka duduklah mereka. Sedangkan yang lain duduk di belakang
mereka, sedangkan kelompok ketiga pergi dan berpaling. Setelah itu Rasulullah
saw bersabda: “ Adakah belum aku beritahukan kepadamu tentang tiga kelompok
manusia tersebut ?. adapun kelompok pertama adalah mencari keridhoan Allah swt,
maka Allah ridho pula kepada mereka, adapun yang lainnya mereka malu kepada
Allah, maka Allahpun malu kepada mereka. Sedangkan yang satunya lagi mereka
berpaling dari keridhoan Allah, maka Allahpun berpaling dari mereka.
(HR. Bukhori, Bab Orang yang duduk ketika sampai
kesuatu majelis, dan Orang yang melihat celah dalam halaqoh lalu ia duduk di
dalamnya).
Hadis di atas menceritakan tentang keutamaan bermajelis
ilmu, bahkan dalam hadis lain Rasulullah mensifati majelis ilmu dengan sebutan Riyadhul
Jannah ( taman surga ). Dimanapun kita berada apabila kita lewat atau melihat
halaqatul ilmi ( majelis ta’lim ) maka seyogyanya kita berhenti sejenak dan
bergabung didalamnya dengan tujuan mencari ridho Allah swt, jika itu kita
lakukan maka Allahpun akan Ridho terhadap kita. Subtansi hadis tersebut adalah
merangsang para pencari ilmu agar mencintai majelis ta’lim, sekolah, kampus
ataupun tempat-tempat ilmu lainnya.
Sekaligus larangan bagi kita untuk berpaling dari majelis
ilmu, dengan kata lain bahwa pulang dari kampus ketika ada dosen adalah
termasuk dalam kategori orang yang berpaling dari keridhoan Allah. Ketika kita
berpaling dari keridhoan Allah maka Allahpun akan berpaling dari kita. Ketika
Allah berpaling dari kita, siapa lagi yang kita harapkan akan memberikan
pertolongan kepada kita ?.
4. PENTINGNYA PENDIDIKAN
AGAMA
– حدثنا سعيد بن عفير قال: حدثنا ابن وهب، عن يونس، عن ابن شهاب قال:
قال حميد بن عبد الرحمن: سمعت معاوية خطيبا يقول:
سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول: (من يرد الله به خيرا يفقهه في
الدين، وإنما أنا قاسم والله يعطي، ولن تزال هذه الأمة قائمة على أمر الله، لا
يضرهم من خالفهم، حتى يأتي أمر الله).
Hamid bin Abdirrahman berkata, aku mendengar Muawwiyah
berkata, aku mendengar Rasulullah saw Bersabda:” Barangsiapa yang dikehendaki
oleh Allah menjadi orang yang baik, maka Allah akan memberikan kepadanya
pengetahuan dalam Agama, sesungguhnya aku adalah orang yang membagi sementara
Allah adalah sang pemberi, umat ini tidak akan pernah berhenti menegakkan
perintah Allah, dan tidak akan medhoroti mereka, orang-orang yang menentangnya
sampai datang hari kiamat.
(HR. Bukhori, Bab Siapapun yang dikehendaki Allah
menjadi baik, maka Allah pahamkan ia dalam masalah agama).
Hadis di atas menerangkan kepada kita bahwa kehendak Allah
untuk menjadikan kita baik,itu digantungkan dengan kepahaman kita menyangkut
agama. Ilmu agama adalah ilmu yang berkaitan dengan akhlak, maka dengan semakin
tinggi pemahaman seseorang terhadap masalah agama maka akan semakin baik pula
akhlak dan perilakunya yang puncaknya bisa mengantarkannya menjadi orang yang
takut kepada Allah semata. Kalau dewasa ini kita sering melihat seseorang yang
dalam pengetahuan agamanya namun dia justeru makin tenggelam dalam kesesatan,
itu dikarenakan ia salah dalam mengaplikasikan ilmunya. Dia hanya pandai
beretorika namun hampa dari pengamalan. Imam Ali Karramallahu Wajhah pernah
berkata,” Bahwa yang dikatakan orang Alim bukanlah orang yang banyak ilmunya,
namun yang dinamakan orang alim adalah orang yang bias mengamalkan ilmunya.”
Rasulullah memberikan peringatan kepada kita dengan sabdanya “ barangsiapa
makin tambah ilmunya namun tidak bertambah hidayahnya, maka ia semakin
bertambah jauh dari Allah swt.” Bahkan Allah dengan tegas mengatakan bahwa yang
disebut ulama hanyalah orang yang takut kepadaNya semata.” Innama Yakhsyallaha
min ibaadihil ulamaa’.”
Jadi hadis di atas harus dipahami bahwa orang yang dapat
mengamalkan ilmu agamanya itulah orang yang dikehendaki Allah menjadi baik.
5. KOMPETISI YANG SEHAT
DALAM PENDIDIKAN
73 – حدثنا الحميدي قال: حدثنا سفيان قال: حدثني إسماعيل بن أبي خالد على
غير ما حدثناه الزهري قال: سمعت قيس بن أبي حازم قال: سمعت عبد الله بن مسعود قال:
قال النبي صلى الله عليه وسلم: (لا حسد إلا في اثنتين: رجل آتاه الله
مالا فسلط على هلكته في الحق، ورجل آتاه الله الحكمة فهو يقضي بها ويعلمها).
Humaidiy menceritakan kepadaku, dia berkata sufyan
menceritakan kepadaku, dia berkata, Ismail bin Kholid atas selain apa yang
diceritakan Azzuhri menceritakan kepadaku, dia berkata, aku mendengar Qais bin
Abi hazim berkata, aku mendengar Abdullah Bin Mas’ud berkata, Nabi Muhammad Saw
bersabda : ”Tidak dosa hasud kepada dua orang, pertama kepada laki-laki yang
Allah telah berikan harta kepadanya, maka ia habiskan dalam kebenaran, kedua
laki-laki yang Allah berikan kepadanya Ilmu hikmah, maka ia memutuskan perkara
dengannya dan mengajarkannya.
( HR. Bukhori).
6. TAHU KONDISI DAN
BELAJAR MEMAHAMI ORANG LAIN
– حدثنا محمد بن كثير قال: أخبرنا سفيان، عن ابن أبي خالد، عن قيس بن
أبي حازم، عن أبي مسعود الأنصاري قال:
قال رجل: يا رسول الله، لا أكاد أدرك الصلاة مما يطول بنا فلان، فما
رأيت النبي صلى الله عليه وسلم في موعظة أشد غضبا من يومئذ، فقال: (أيها الناس،
إنكم منفرون، فمن صلى بالناس فليخفف، فإن فيهم المريض والضعيف وذا الحاجة).
Muhammad bin Katsir menceritakan kepadaku, beliau
berkata,Sofyan menginformasikan kepadaku, dari Ibnu Abi Kholid, dari Qois bin
Abi Hazim, dari Abi Mas’ud Al Anshoriy, beliau berkata, seorang laki-laki
mengadu kepada Nabi, Ya Rasulullah, hampir-hampir aku tidak dapat mengikuti
sholat karena fulan memanjangkan bacaannya kepada kami. Maka aku tidak pernah
melihat Nabi saw dalam memberikan nasehatnya lebih marah dibanding pada hari
itu, kemudian beliau bersabda : Wahai manusia, sesungguhnya kalian adalah orang
yang membuat lari, barangsiapa sholat bersama dengan manusia maka ringankanlah,
karena sesungguhnya di dalamnya terdapat orang yang sakit, orang yang lemah
maupun orang yang mempunyai keperluan.
(HR Bukhori. Bab Marah dalam memberikan nasehat dan
pelajaran ketika melihat hal yang tidak disukai).
7. Tentang Penguasaan Ilmu
وعن ابن عبا س رضي الله تعلا عنها انه قال : للعلماء درجات فوق درجاة
المؤمنين بسبعما ئة درجا ت. ما بين الد رجتين خمسا ما ئة سنة. يقا ل: الئلم افضل
من الئمل بخمسة او جة : الاول الئلم بغير عمل يكون والئمل بغير علم لا يكون. و
الثا ني الئلم بغير عمل ينفع والئمل بغير علم لا ينفع. والثا لث الئملل لازم
والئمل صفة الئباد. والصفة الله افضل من صفة الئباد. (اخرجه درة الناصحين) (رواه
احمد)
Artinya:“Dari Ibnu Abbas RA berkata: bagi orang-orang yang
berilmu (ulama) beberapa derajat diatas derajat orang mukmin dengan berbanding
700 derajat. Antara derajat yang satu dengan yang lain mencapai 500 tahun
dikatakan: “ilmu lebih utama dari amal melalui 5 sistem: 1) Ilmu tanpa amal pun
tetap ada, dan amal tanpa ilmu tak akan bisa, 2) Ilmu tanpa amal bisa manfaat,
dan amal tanpa ilmu tak ada manfaatnya, 3) Amal adalah permistian, dan ilmu
yang menerangi seperti lampu, 4) Ilmu adalah ucapan para nabi, 5) Ilmu adalah
sifat Allah, dan amal adalah sifatan hamba, sementara sifat Allah lebih utama
dari sifatan Hamba”. (Durrotun Nasihin) (H.R. Ahmad)
وقال ابن مسعود رضي الله عنه : عليكم بالئلم قبل ان يرفع ور فعه موت
رءاته فوالذي نفس بيده ليعدن رجا ل قتلوا في سبيل الله شهداء انتبشهم الله علماء
لما يرون من كرا مثهم فان احدا لم يعلد عا لما وانما الئلم باالتعلم. (رواه
الترمذ)
Artinya:“Ibnu Mas’ud RA berkata: kalian mesti berilmu
(menguasai ilmu) sebelum mati menjemput. Maka demi “dzat” yang menguasai diri
yang menyayangi seseorang yang meninggal di jalan Allah dengan mati syahid.
Sesungguhnya Allah akan membangkitkannya (ulama) karena kemuliaannya.
Sesungguhnya seorang dilahirkan tanpa ilmu dan ilmu bisa di dapat melalui
dipelajari”. (H.R. Tirmidzi)
8. Harus
Menghayati Apa yang Diajarkan
وعن العرباض بن سارية رضي الله عنه قال : وعظنا رسول الله صلى الله
عليه وسلم:مو عظة وجلت منها القلوب وذرفت منها العيون (رواه ترمذي)
Artinya:“Dari I’rbad bin Sariyah RA ia berkata: Rasulullah
SAW memberikan nasehat (pengarahan) pada kami, dan hentikan bergerak hingga
keluar air mata kami karenanya”. (H.R. Tirmidzi)
وعن ابي واقه اليس ان رسولالله صل الله عليه وسلم: بينما هو جا لسه في
المسجد والناس معه اذ اقبل ثلاثة نفر فاقبل اثنان الى رسول الله صلى الله عليه
وسلم: وذهب واحد قال فوقفا الى رسول الله صلى الله عليه وسلم. فامااحدهما فراى
فرجة فى الحلقة فجلس فيها واما الاخر فجلس خلفهم واما الثالث فادبرذاهبا فلما فرغا
رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: الااخبركم عن النفر الثلا ثة. واما الاخر فاعرض
الله فاعرض الله عنه. (اخرجه البخاري)
Artinya:“Dari Abi Allaisi, ia berkata sesungguhnya
Rasulullah SAW ketika beliau sedang duduk di mesjid bersama orang-orang pada saat
itu datang 3 kelompok, kemudian yang 2 tersebut menunggu Rasulullah SAW.
sementara diantara mereka yang satu melihat ruang kemudian ia duduk, sementara
yang lainnya lagi duduk dibelakang orang banyak. Dan orang yang ke 3
membelakangi lalu pergi. Ketika Rasulullah SAW selesai dari pembicaraannya
beliau berkata: ingat!! Aku informasikan tentang 3 kelompok tadi, satu dari
semua itu mereka mencintai Allah dan Allah pun mencintainya, kemudian yang
lainnya merasa malu, maka Allah pun malu akannya. Sementara yang lain lagi ia
berpaling, maka Allah pun berpaling darinya”. (H.R. Bukhari)
9. Mampu
Mengendalikan Diri
عجبا لأمرالمؤمن، ان أ مره كله لخير، وليس لأحد الا للمؤ من، ان
اصابته سرا شكرا، وكان خير له، وان اصابته ضراء صبر، فكان خيرا له (رواه امام
احمد)
Artinya:“Keitimewaan (takjub) dari urusan seorang mu’min.
Sesungguhnya segala urusan mu’min itu baik, dan tidak ada seorang pun yang
memilikinya melainkan orang mu’min (orang yang memiliki ilmu) atau (orang yang
hidupnya berkendali ilmu): apabila ia dapat keburukan, ia akan bersyukur dan
akhirnya dapat kebaikan dan apabila mendapat madharat, ia selalu sabar, maka
kebaikan pulalah yang ia dapatkan”. (H.R. Ahmad)
10. Pentingnya
Menjadi Guru
العلم خازائن، ومفتا حها السؤال، فاسألوا يرحمكما الله، فانه يؤجر فيه
اربعة – السا ئل، والمستمع، والمحب لهم (رواه ابو نعيم عن على)
Artinya:Ilmu adalah gudang dan kuci pembuka gudang tersebut
adalah pertanyaan/ permintaan. Maka kalian bertanyalah (pada guru / ulama) maka
kalian akan di rahmat Allah, sesungguhnya ada empat orang yang akan pendapat /
diberi pahala yaitu, orang yang bertanya, yang mengajarkan, yang mendengarkan,
dan yang mencintai pada orang-orang tersebut. (H.R. Abu Nua’im dari Ali)مختارالاحاديث
قال النبي صلى الله عليه وسلم: قوام الد نيا بأربعة اشياء: او لها بعلم
العلماء والثانى بعدل الأ مراء والثالث بسخاوة الأغنياء والرابع بدعوة الفقراء ولو
لا دعاء الفقراء لهلك الأ غنياء ولوعدل الأمراء لأ كل بعض الناس بعضا كما يأ كل
الذنب الغنم (الحديث)
Artinya:“Berdiri tegaknya dunia dengan empat hal: 1) dengan
ilmu para ulama (guru) 2) dengan adilnya pemimpin, 3) dengan murahnya agniya
(orang kaya), 4) dengan do’anya orang fakir. Jika bukan / tidak karena ilmunya
ulama (guru) maka rusaklah orang-orang bodoh, dan jika bukan karena murahnya
orang kaya maka rusaklah orang-orang fakir, dan jika bukan karena do’anya orang
fakir maka rusaklah orang kaya, dan jika tidak dengan adilnya pemimpin maka
manusia satu sama lain akan saling tindas dan binasakan / saling terkam,
seperti serigala menerkam kambing”.
11. Salah
Satu Sifat Pendidik Adalah Penyantun
وعن معا وية بن الحكم السمي رضي الله عنه قال: بينا انا اصلى مع رسول
الله صلى الله عليه وسلم، اذ عطس رجل من القوم فقلت: يرحمك الله، فرما نى القوم
بابصرهم، فقلت واثكل امياه، ما شأ نكم تنظرون الي؟ فجعلوا فيضربون بأيديهم على
افخادهم، فلما رأيتهم يصمتوننى لكنى سكتن فلما صلى رسول الله عليه وسلم : فبابى هو
وامى ما رأيت معلما قبله ولا بعده احسنى تعليما منه، فوالله ماكرحرنى ولا ضربن ولا
شتمن، قال ان هذه الصلاة لا يصلح فيها شين من كلام الناس، انما هي التسبيح
والنكبير وقرأة القرأة القران، اوكما قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: قلت يا
رسول الله انى حديث عهد بجا هلية، وقد جاءالله با الاسلام، وان منا رجالا يأتون
الضان قال فلا تأتيهم قلت: ومنارجال يتطيرون، قال: ذلك شئ يجيد نه فى صدورهم فلا
يصد هم (رواه مسلم)
Artinya:“Dari Mu’awiyyah bin Hakam Sulamy RA ia berkata:
ketika aku shalat bersama Rasulullah SAW pada saat itu ada seseorang yang
bersin-bersin, kemudian aku ucapkan “yarhamukalloh” (semoga Allah menyayangimu)
maka mereka (kaum) pada meroleh kepadaku, kemudian aku berkata: “celakalah
ibu-ibu orang itu” apa yang membuat kalian melihat aku? maka mereka serentak
memukuli pahanya dengan tangannya, lalu ketika aku melihat pada mereka, mereka
minta aku untuk diam / jangan bicara. Tetapi akhirnya aku diam, maka ketika
Rasulullah SAW melaksanakan shalat, “semoga jadi penebus dosa bapak dan ibuku”
aku tak pernah melihat seorang pendidik (guru) sebelumnya dan juga sesudahnya
yang lebih baik cara mendidiknya dari Nabi SAW. maka demi Allah, aku tidak
dibentuk, tidak dipukul, tidak pula dimaki, akan tetapi beliau berkata:
sesungguhnya shalat itu tidak dibenarkan ada suatu hal dari ucapan manusia,
sesungguhnya shalat itu ialah: Tasbih, Takbir dan Baca Al-Quran,” atau seperti
Rasulullah SAW bersabda: aku berkata: “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku orang
baru di zaman jahiliyyah, dan Allah mendatangkan islam, dan diantara kami ada
orang yang mendatangi dukun, Nabi berkata: “jangan datangi mereka, aku berkata:
dan diantara kami ada yang bertaruh pada burung, Nabi berkata: itu semua bisa
ditemukan pada hati-hati mereka, maka ia tak akan menolaknya”. (H.R. Muslim)
12. Orangtua
Wajib Mendidik Anaknya
كل مولود يولد على الفطرة فأبوه يهودا نه او ينصرانه واويمجسانه (رواه
مسلم)
Artinya: “Setiap bayi itu lahir atas kesucian, maka
kedua orangtuanya lah yang akan menjadikannya yahudi, nasrani, atau majusi”.
(H.R. Muslim)
وعن عمروبن شعيب عن ابيه عن جدهرضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى
الله عليه وسلم: مروااولادكم با الصلاة وهم ابناء سنين واضربوهم عليها وهم ابناء
عشر، وفرقوا بينهم فى المضاجع (حديث رواه ابودود با سناد حسن)
Artinya: “Dari Amru bin Syu’aib dari bapaknya dari
kakeknya RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: perintahkan anak-anakmu untuk
melaksanakan shalat, ketika mereka sampai di usia 7 tahun, kemudian pukul
mereka karena meninggalkan shalat jika telah sampai usia 10 tahun dan pisahkan
diantara mereka di tempat tidurnya”. (H.R. Abu Daud)
13. Orangtua
Harus Memberikan Pendidikan Terbaik
عن جا بربن سمرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لأن يؤدب
الرجل ولده خير له من ان ينصدق بصاع (رواه الترمذ)
Artinya:“Dari Jubair bin Samurah RA ia berkata: Rasulullah
SAW bersabda: sungguh bahwa seseorang mendidik anaknya adalah lebih baik
daripada ia bersedekah satu sha”. (H.R. Tirmidzi)
14. Manajer
Pendidikan Harus Bertanggung Jawab
عن حديفة ابن اليمان رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه
وسلم: من لا يحتم بأمره المسلمين فليس منهم ومن لا يصبح ويمس نا صحا لله ولرسوله
ولكتابه ولامامه ولعامة المسلمين فليس منهم (رواه الطبرانى)
Artinya: “Dari riwayat Hudaifah ibnil Yaman RA berkata:
Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang tidak memperhatikan kepentingan kaum
muslimin maka ia tidak termasuk golongan mereka, dan barang siapa pada waktu
pagi dan petang tidak memberi nasihat bagi Allah, kitabnya, imamnya, dan
umumnya muslimin, maka ia juga tidak termasuk golongan mereka”. (H.R.
At-tabrany)
15. Kewajiban
Mengajar
مثل ما بعثني الله به من الهدى والعلم، كمثل غيث اصاب ارضا فكا نت
منها طا ئفة طيبة قبلت الماء، فأنبتت الكلا والعشب الكشير وكان منها طا ئفة طيبة
قبلتالماء فنفع الله بها الناس فشربوا منها وسقوا وزرعوا، واصاب طا ئفة منها اخرى،
انما هي قيان لا تمسك ماء، فعلم وعلم، ومثل من لم يرضع بذالك رأسا ولم يقبل هدى
الله الذي ارسلت به.. (زواه ابو موس الا شعرى)
Artinya:“Perumpamaan tuntunan hidayah dan ilmu yang
diutuskan Allah padaku bagaikan hujan yang turun ke tanah ada tanah yang subur
menerima air, dan menumbuhkan tanaman dan rumput yang banyak, dan ada yang
kering hanya dapat menahan air sehingga orang dapat mengambil minum dan
mengairi tanaman, dan ada yang keras tidak dapat menahan air dan tidak dapat
menumbuhkan tumbuh-tumbuhan. Demikianlah contoh orang yang dapat mengerti agama
Allah dan memanfaatkan akan apa yang di utus aku (Nabi) dengannya oleh Allah,
lalu belajar dan mengajar dan perumpamaan orang yang tidak mengangkat kepala
dengan tidak belajar dan mengajar, dan ada orang yang sama sekali tidak dapat
petunjuk ajaran Allah”. (H.R. Abu Musa Al-As’ary)
16. Pentingnya
Ilmuwan / ulama
روي عن النبي صلى الله عليه وسلم: من اهان خمسة خسر خمسة : من استخف
با العلماء خرالدين، ومن استخف با الامراء خسرالدنيا ومن ستخف با الجيران خسرالمنا
فع ومن استخف با الاقرباء خسرا المودة، ومنن استخف بأ صله خسر طيب المعيثة (رواه
البخاري)
Artinya:“Diriwayatkan dari Nabi SAW. Barang siapa yang
merendahkan lima hal, maka akan rugi pada lima hal: satu siapa yang meremehkan
ulama, maka akan rugi dalam hal agama, dan barang siapa yang merendahkan
pemimpin, akan rugi hal dunia, dan siapa yang meremehkan tetangga, akan rugi kebaikannya”.
(H.R. Bukhari)
17. Keutamaan
Orang Yang Mengajar
عن ابي درداء قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: فضل العا
لم على العابد كفضل القمر على الكو كب، وانما االعلماء ورثة الآ نبياء, وان الآ
نبياء لم يورثوا دينارا ولادرهما، انما ورثوالعلم، فمن اخده اخد بحظ وكفر (رواه
ابو داود والتر مذى)
Artinya:“Dari Abi Darda ia berkata: Saya mendengar
Rasulullah SAW beliau bersabda: keutamaan orang alim dibanding ahli ibadah
adalah seperti keutamaan bulan dibanding bintang-bintang, sesungguhnya para
ulama itu pewaris para Nabi, dan sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar
dan tidak pula dirham, sesungguhnya mereka mewariskan ilmu, maka barang siapa
mengambil warisan itu berarti ia mengambil bagian yang sempurna”. (H.R. Abu
Daud dan Tirmidzi).
18. Motivasi
Belajar
عن ابى هريرة رضى الله عنه ان رسول الله قال: ومن سلك طريقا يلتمس فيه
علما سهل الله له طريقا الى الجنة (رواه مسلم)
Artinya: “Dari Abu Hurairah RA Rasulullah SAW bersabda:
Dan barang siapa menjalani akan suatu jalan, untuk mencari ilmu pengetahuan,
maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju syurga”. (H.R. Muslim)
عن ابن مسعود رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم
يقول: من تعلم با با من العلم ليعلم الناس اعطي ثواب سبعين صديقا (رواه ابو داود)
Artinya: “Ibnu Mas’ud RA berkata: Saya mendengar
Rasulullah SAW bersabda, Barang siapa yang mempelajari satu bab dari ilmu
dengan tujuan untuk menyampaikan kepada umat manusia, maka ia diberi pahala
seperti tujuh puluh sodikin”. (H.R. Abu Daud)
19. Kewajiban
Belajar
عن انس بن مالك رضي الله عنه ان النبي صلى الله عليه وسلم قال: اطلب
العلم ولو باالصين، فان طلب العلم فريضة على كل مسلم، ان الملا ئكة تضع اجنتها
الطا لب العلم رضا بما يطلب (رواه ابن عبد البر)
Artinya: “Dari Anas bin Malik RA sesungguhnya
Rasulullah SAW bersabda: carilah ilmu meskipun di negeri Cina, karena
sesungguhnya menuntut ilmu adalah fardu / wajib bagi setiap muslim,
sesungguhnya malaikat meletakkan sayap-sayapnya bagi orang yang menuntut ilmu
karena rela terhadap apa yang ia tuntut”. (H.R. Ibnu Abdil Bar)
20. Ulama
Adalah Pewaris Nabi
وعن ابي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال: من
سلك طريقا الى العلم سلك الله طريقا ال الجنة، وانه العالم يستغفرله من في السموات
ومن فى الارض حتى اليتا فى الخير، ان العلماء ورثة الانبياء (رواه ابو داود)
Artinya: “Dari Abu Hurairah RA Rasulullah SAW
bersabdal: Barang siapa menjalani akan suatu jalan untuk mencari ilmu
pengetahuan (ilmu Allah) maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju
syurga, sesungguhnya orang alim semua makhluk yang ada di langit, dan makhluk
yang ada di bumi hingga ikan Hiu yang ada di laut memohon ampunan baginya,
sesungguhnya ulama itu adalah pewaris Nabi”. (H.R. Abu Daud)
21. Ilmu
Lebih Penting Dari Uang / Harta
عن ابى ذر رضي الله عنه قال: قال عليه الصلاة والسلام، من جلس عند
العالم ساعتين او اكل معه لقمتين او سمع منه كلمتين او مشي معه خطوتين اعطاه الله
تعا لى جنتين كل جنة مثل الد نيا مرتين (رواه ابن ماجه)
Artinya: “Abu Dar RA berkata: Rasulullah SAW bersabda:
Barang siapa yang duduk bersama orang alim dalam dua waktu, atau sama-sama
makan dua suap atau mendengar dua kalimat dari dia, atau melangkahkan kaki dua
langkah bersamanya, maka Allah akan memberikan dua syurga yang masing-masing
syurga sebanding dengan dua putaran dunia”. (H.R. Ibnu Majah)
وعن ابن عباس رضي الله عنه قال: قال النبي صلى الله عليه وسلم : خير
سليمان عليه السلام بين العلم والملك, فاختار العلم فاعطي العلم والملك (رواه
احمد)
Artinya:“Dari Ibnu Abbas RA ia berkata: Rasulullah SAW
bersabda: Sulaiman AS beliau memilih antara ilmu dan kerajaan, maka kemudian
beliau memilih ilmu, lalu diberikannya ilmu dan kerajaan”. (H.R. Ahmad)
22. Ilmu
Lebih Utama Dari Ibadah Shalat
عن ابى در قال عليه الصلاة والسلام : يا ابا در للأن تخدو فتعلم بابا
من كتب الله تعا لى خيرا لك من ان تصلى مانة ركعة (رواه ابن ماجه)
Artinya: “Abu Dar berkata: Rasulullah SAW bersabda: Ya
Abu Dar seandainya kau pergi pagi lalu kemudian mempelajari ilmu satu bab dari
kitab Allah SWT maka itu lebih baik dibanding kau melaksanakan shalat seratus
rakaat”. (H.R. Ibnu Majah)
23. Pentingnya
Menuntut Ilmu
وعن انس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم، من خرج
فى طلب العلم فهو فى سبيل الله حتى ير جع (رواه الترمذي)
Artinya: “Dari Anas RA ia berkata: Rasulullah SAW
bersabda: Barang siapa yang keluar dengan tujuan menuntut ilmu, maka ia berada
di jalan Allah hingga sampai pulang”. (H.R. Tirmidzi)
عن ابى هريرة رضي الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: من
دعاء الى هدى كان له مثل اجور من تبعه لا ينقص ذلك من اجورهم شياء (رواه مسلم)
Artinya: “Dari Abi Hurairah RA sesungguhnya Rasulullah
SAW bersabda: siapa yang memberi petunjuk ke jalan yang baik (dengan ilmunya)
maka ia akan mendapat pahala seperti yang di dapatkan oleh orang yang
mengikutinya tanpa kurang sedikit pun”. (H.R. Muslim)
24. Diantara
Adab Murid Itu Memuliakan Guru
وعن انس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: وقروا
من تتعلمون منه (رواه ابو حسن المردى)
Artinya:“Dari Anas RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:
Muliakanlah orang yang telah memberikan pelajaran kepadamu”. (H.R. Abu Hasan
Al-Mawardi)
25. Keutamaan Dan Pentingnya Ilmu
وعن امامة رضي الله عنها قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: اقرب
الناس من درجة النبوة اهل العلم والجهاد، اما اهل العلم فد لعا الناس على ما جاءت
به الرسول واما اهل الجهاد فجاهدوا باسيا فهم على ما جاءت به الرسل (رواه درقطن)
Artinya: “Dari Umamah RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:
orang paling dekat derajatnya dari para Nabi ialah ahkul ilmi (yang berilmu)
dan pejuang, jika orang yang berilmu memberi petunjuk pada manusia melalui apa
yang datang dari Rasul (ilmu), dan kalau pejuang berjuanglah dengan pedangnya,
seperti yang ditunjukkan Rasul”. (H.R. Daruqutni)
وعن معاوية رضي الله عنها قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من
ارادا الدنيا فعليه با العلم ومن اردالا خرة فعليه با العلم ومن ارد هما فعليه با
العل (رواه الدار قطنى)
Artinya: “Dari Mu’awiyah RA ia berkata: Rasulullah SAW
bersabda: Barang siapa menginginkan (kebahagiaan) duniawi maka dia harus
(mempunyai ilmu) dan barang siapa yang (menginginkan) kebahagiaan akhirat, maka
dia harus mempunyai ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka
harus mempunyai ilmu”. (H.R. Daruqutni)
26. Ulama
Laksana Bintang Di Lautan Bagi Nelayan
قال ابو مسلم الحولانى سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: مثل
العلماء فى الارض الارض مثل النجوم فى السماء اذا برزت للناس اهتددا بها (رواه
ديلمي)
Artinya:“Abu Muslim Haulani berkata: saya mendengar
Rasulullah SAW bersabda: perumpamaan ulama di muka bumi laksana bintang di
langit, apabila ia muncul buat manusia, mereka mendapat petunjuk karenanya”.
(H.R. Dailimi)
27. Ulama
Laksana Pelita
وعن على كرمالله وجهه عن النبي صلى الله عليه وسلم انه قال: سأ لت جبر
يل عن اصحاب العلم فقال: هم سرج امتك فى الدنيا و الأخرة، طلوبى لمن عرفهم، والويل
لمن ان كرهم وابغضهم (رواه النساء)
Artinya:“Dari Ali Karromallohu Wajhah dari Nabi SAW
sesungguhnya beliau bersabda: Aku bertanya pada Jibril AS dari orang yang
berilmu (ashabul ilmi). Kemudian Jibril berkata: mereka ialah pelita (lampu)
ummatmu di dunia dan akhirat, beruntunglah orang yang mengenalinya dan
celakalah bagi orang yang mengingkari dan membencinya”. (H.R. Nasa’i)
وعن جابر رضي الله عنه قال: فاالنبي صلى الله عليه وسلم : العلماء
مصباح الأمة (رواه ابودر)
Artinya: “Dari Jabir RA ia berkata: Nabi SAW bersabda:
ulama itu adalah pelita bagi umat”. (H.R. Abu Dar)
28. Mencari
Ilmu Untuk Mendapatkan Ridho Allah
عن جابر رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ان
الله تعالى لا يقبل من العمل الا ما كان خا لصا وابتض به رضاه (رواه نسائ)
Artinya: “Dari Jabir RA ia berkata: Rasulullah SAW
bersabda: sesungguhnya Allah SWT tidak akan menerima amal seseorang kecuali
dengan niat yang tulus dan semata-mata mencari keridhoan-Nya”. (H.R. Nasa’i)
29. Belajar
Tidak Boleh Bermotif
1 Menandingi
Ulama
2 Mengakali
Orang Yang Bodoh
3 Agar
Terkenal Diantara Manusia
وعن جابر رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لا
تتعلم العلم لتبا هوا به العلماء، ولتماراوبه السفهاء ولتصرفوا به وجه الناس
اليكم، فمن فعل ذا لك فهو فى النار (رواه ابن ماجه)
Artinya:“Dari Jabir RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:
janganlah kalian belajar (menuntut ilmu) bertujuan untuk berbangga pada ulama
karenanya, dan untuk berdebat dengan orang-orang bodoh, begitu pula bertujuan
agar karenanya orang-orang dapat berpaling (menarik perhatian), maka barang
siapa yang melakukan itu maka ia masuk neraka”. (H.R. Ibnu Majah)
30. Tentang
Pentingnya Niat Dalam Mencari Ilmu
عن امير المؤمنين ابى حفص عمربن الخطاب رضي الله تعالى عنه قال سمعت
رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: انما الاعمال با النيات وانما لكل امرء ما نوى
فمن كا نت هجرته الى الله ورسوله فحجرته الى الله ورسوله ومن كا نت هجرته لدنيا
يصيبها اومرأة ينكحها فهجرته الى ما ها جر اليه (رواه شيخين)
Artinya:“Dari Amirul mu’minin Abi Hapsin, Umar bin Khatab RA
ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW beliau bersabda: Sesungguhnya syah
atau tidaknya suatu amal (perbuatan taat) tergantung pada niat, dan bagi tiap
orang punya niat, maka barang siapa yang niatnya hijrah menuju Allah dan
Rasulnya maka ia akan hijrah pada Allah dan Rasulnya, dan bagi yang niatnya
hijrah menuju dunia, akan sampai pada dunia, atau pada wanita maka ia akan
menikahinya, alhasil hijrahnya seseorang tergantung apa yang di tujunya”. (H.R.
Bukhari Muslim)
وعن رسول الله صلى الله عليه وسلم : كم من عمل يتصد ر بصورة اعمال
الدنيا ويسير بحسن النية من اعمال الأخرة، وكم من عمل يتصدر بصورة اعمال الأخرة ثم
يصير من اعمال الدنيا بسؤ النية (حديث حسن صحيح)
Artinya: “Dari Rasulullah SAW: beberapa amal yang
berupa amal dunia, tetapi dengan baik niatnya akhirnya menjadi amal akhirat,
dan banyak pula yang berupa amal akhirat kemudian jadi amal dunia karena jelek
niatnya”. (Hadits Hasan)
31. Amal
yang tidak terputus sampai akhir hayat
إذا مات إبن أدم إنقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية او علمينتفع به
او ولد صالح يدعوا له
Artinya: Apabila anak Adam (manusia) mati maka
terputuslah amalnya kecuali 3 hal; bersedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat
atau anak sholeh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya. (HR. Muslim)
Dikutif dari :
0 Komentar:
Post a Comment